BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Profil
Radio Evella 96.7 FM
RADIO
EVELLA 96.7 FM, tidak sekedar hadir sebagai Media Penghibur, tetapi sesuai
dengan pertumbuhan kota dan masyarakatnya, EVELLA 96.7 FM, menyajikan pola-pola
jurnalistik alternatif dan interaktif yang menjadi dasar pilar Radio EVELLA
96.7 FM menyajikan siaran kata untuk pendengarnya.
Setiap program siaran,
EVELLA RASISONIA 96.7 FM, selalu memberikan motivasi dengan sisipan kata-kata
bijak, kata-kata mutiara dan tips-tips yang bermanfaat untuk pendengarnya.
VISI
Membangun Sikap Mandiri
dan Jiwa Entrepreneur Generasi Muda Kalimantan Tengah menghadapi Persaingan
Global.
MISI
Membangun sikap mental
yang seimbang vertical dan horizontal.
Turut serta membangun
kota Palangka Raya dan Kalimantan tengah dengan informasi yang positif.
Mendukung pertumbuhan
dunia usaha dan menjadi partnership yang efektif dalam melaksanakan kegiatan
promosi yang tepat sasaran bagi mitra usaha.
1. Profil Singkat
NAMA
BADAN USAHA : PT. RADIO EVELLA CHANNEL INDONESIA
NAMA PANGGILAN DI UDARA : EVELLA
RASISONIA.
FREKUENSI : 96.7 FM.
PENANGGUNG JAWAB :
BIPPY.A. SE
ALAMAT STUDIO / KANTOR : JL.
CUT NYAK DIEN NO 19.A PALANGKA RAYA 3112 (KALIMANTAN TENGAH)
JANGKAUAN SIARAN : KOTA PALANGKA RAYA DAN SEKITARNYA.
PERBATASAN
P.RAYA – PULANG PISAU.
BUKIT
RAWI, BUKIT GUHA, BUKIT TANGKILING.
RADIO STREAMING : http://119.2.44.6:8002/listen.pls
TELP.FAX : 0536 – 3230973 -
3357967. FAX 0536 – 3223967.
STUDIO ON LINE : 0536 – 3223967
SMS STUDIO : 0811520967
MARKETING & PROMOTION : ANDRE,AMABAR,
RURY
JAM SIARAN : 06.00 WIB S/D 24.00 WIB
WEB SITE : www.evella967fm.com
FACEBOOK : id.facebook.com/.../Evellachannel.../100000052500738
EMAIL : radioevella@yahoo.co.id,
andre_channelfm@yahoo.co.id
SLOGAN RADIO : The spirit of
motivations channel
2. Program Siaran
DAILY
PROGRAMME
SENIN
- MINGGU : 06.00 - 07.00 WIB : NUANSA BENING (KEROHANIAN)
SENIN
- JUMAT : 07.00 - 08.00 WIB : HI-LITE MORNING (SINDIKASI PROGRAM) SMART JKT
SENIN
- SABTU : 08.00 - 09.00 WIB : MORNING NEWS - HARIAN TABENGAN.
SENIN
- SABTU : 11.00 - 13.00 WIB : BUSINESS NEWS
SENIN
- SABTU : 13.00 - 15.00 WIB : IN A ROUND TOWN (INFO SEPUTAR KALTENG)
SENIN
- SABTU : 15.00 - 17.00 WIB : RELAX & MUSIC
SENIN
- MINGGU : 17.00 - 19.00 WIB : NUANSA SENJA
SENIN
- MINGGU : 19.00 - 21.00 WIB : CHANNEL REQUEST
SENIN
- MINGGU : 23.00 - 24.00 WIB : SAAT TEDUH
WEEKLEY
PROGRAME
SENIN
: 09.00 - 11.00 WIB : FAMILY CHANNEL ( YAYASAN FOKUS KELUARGA )
SELASA
: 09.00 - 11.00 WIB : LADIES PROGRAME
RABU
: 09.00 - 11.00 WIB : CHANNEL ENTREPRENUER
KAMIS
: 09.00 - 11.00 WIB : BUSINESS ANALYSIS
JUMAT
: 09.00 - 11.00 WIB : CHANNEL TECHNOLOGY
SABTU
: 09.00 - 11.00 WIB : EXECUTIVE LOUNCH ( VOA )
PROGRAM
MUSIC
SENIN
: 21.00 - 23.00 WIB : BLUES MUSIC CHANNEL
SELASA
: 21.00 - 23.00 WIB : LATE NIGHT JAZZ (COMMUNITY JAZZ P.RAYA)
RABU
: 21.00 - 23.00 WIB : DREAM OF YOU
KAMIS
: 21.00 - 23.00 WIB : LIVE MUSIC FROM CAVELLA cafe.
JUMAT
: 21.00 - 23.00 WIB : CAFE APRESIASI
SABTU
: 21.00 - 23.00 WIB : WEEKEND NIGHT NGUMPUL BARENG ANAK2 BAND
SPECIAL
SUNDAY PROGRAMME
MINGGU
: 07.00 - 08.00 WIB : PRAISE AND WORSHIP
MINGGU
: 08.00 - 09.00 WIB : THE BEST TOP TEN GOSPEL
MINGGU
: 09.00 - 11.00 WIB : CHANNEL TRAVELLING
MINGGU
: 11.00 - 13.00 WIB : TOP INDONESIAN CHART
MINGGU
: 13.00 - 15.00 WIB : OLDIES MUSIC
MUSIC
DIRECTOR : ADIN
PROGRAM
DIRECTOR : ANDRIE
3. Sales & Promotion Departement
PEMASANGAN
IKLAN HUBUNGI :
SALES
& PROMOTION DEPARTEMENT
PT.
RADIO EVELLA CHANNEL INDONESIA
JL.
CUT NYAK DIEN NO 19 PALANGKARAYA 73112
TELP.
05363357967. FAX : 05363223967
CONTACT
PERSON ; ANDRIE
HP.
085280280967 – 05363357967
4. Tarif Iklan
30
DETIK Rp 50.000.-
60
DETIK Rp 100.000,-
PRIME
TIME II ( 17.00 - 21.00 )
30
DETIK Rp 75.000.-
60
DETIK Rp 125.000,-
ADLIBS
( IKLAN BACA ) 60 DETIK
30
DETIK Rp 100.000,-
60
DETIK Rp 150.000,-
BLOKING
TIME
30
MENIT Rp 1.000.000,-
60
MENIT Rp 1.750.000,-
SPONSOR
PROGRAME
30
MENIT Rp 750.000,-
60
MENIT Rp 1.250.000.-
LIVE
REPORTASE
60
DETIK Rp 150.000,-
120
DETIK Rp 200.000,-
Catatan
Tambahan
waktu per 60 detik Rp 50.000,-
TIME
SIGNAL
60
detik 1 x penyiaran Rp 100.000,-
Catatan
:
•
Harga tersebut belum termasuk PPN 10%
•
Penerimaan order iklan
selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum masa penayangan.
•
Pembatalan harus kami terima paling
lambat 3 (tiga) minggu sebelum masa penayangan, lewat dari waktu tersebut kami
kenakan biaya administrasi 100% dari nilai order yang belum disiarkan.
•
Biaya pembuatan produksi iklan Rp
250.000/ master.
•
Program2 siaran tercantum dalam chart
program terlampir di atas.
5. Pelayanan & Pembinaan Pendengar
Membangun
kebersamaan dan rasa kekeluargaan antara RADIO EVELLA dan PENDENGARNYA, melalui
EVELLA PRESENT event organizer dan organizer training, setiap tahun Radio
EVELLA menyelenggarakan event off air. Berhubungan dengan keluarga EVELLA
menyelenggarakan kegiatan2 yang melibatkan keluarga dalam bentuk lomba2.
Untuk
pendengar kalangan profesional, EVELLA bekerjasama dengan SMART FM, membentuk
sebuah wadah untuk kalangan eksekutuf dan profesioal muda (PALANGKARAYA
BUSINESS FORUM), COMMUNITY JAZZ PALANGKARAYA. Kegiatan yang diselenggarakan,
seminar bisnis, motivasi, dll.
Pembinaan
untuk kalangan remaja, EVELLA mewadahi anak2 muda dalam satu wadah EVELLA FANZ
CLUB. Untuk pendengar WANITA dibentuk wadah LADIES CLUB dan sebuah Program
acara khusus untuk wanita.
Memanjakan
para pendengarnya RADIO EVELLA juga menyediakan sebuah cafe yang menyatu dengan
studio radio EVELLA, CAVELLA cafe & karaoke, sebuah cafe yang disegmentasikan
untuk keluarga dan anak-anak muda (No Drug No Alcohol). Wadah inipun
diperuntukkan membina group-group band anak-anak muda, agar suatu kelak mereka
memiliki performance untuk bermain musik dicafe kelas atas.
Suatu
kehormatan untuk RADIO EVELLA dan CAVELLA cafe, KADER ANTINARKOBA dan BADAN
ANTINARKOBA PROVINSI KALTENG, telah memberikan penghargaan.
B.
Perangkat
Sistem Informasi Radio Evella
Sistem informasi
adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan
teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat
luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi
antara orang, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan
untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi,
tetapi juga untuk cara dimana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam
mendukung proses yang terjadi disuatu perusahaan atau lembaga. Sistem informasi
yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat
seperti memiliki komponen TIK seperti hardware dan software.
Perangkat sistem informasi yang
dipergunakan Radio Evella adalah berupa :
- Hardware
· Tower
radio
· Pemancar
radio
· Mixer
· Pemancar
mini
· Mic
Zemhaizer
· Headphone
· Komputer
· Telephone
· Modem
· fax
- Software
- Networking
- SDM
C.
Subjek
Informasi dalam Sistem Informasi Manajemen
Beberapa
subjek informasi yang berperan dalam Sistem Informasi Manajemen Radio Evella
adalah sebagai berikut :
- Direktur
- Penanggung
jawab
- Karyawan
- Instansi
terkait
D.
Sistem
Informasi Manajemen yang Dikomunikasikan
Manajemen
adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan
pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penulis
akan menjelaskan fungsi-fungsi manajemen seperti Planning, Organizing,
Staffing, Leading, Coordinating/Controling dan Directing.
1.
Planning
dan Budgeting
Planning
adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang
diinginkan. Sedangkan,Budget adalah salah satu bentuk dari berbagai macam
rencana yang mungkin dibuat, namun tidak setiap rencana dapat disebut budget.
Suatu rencana baru dapat dikatakan budget, apabila dinyatakan dengan uang.
Untuk
menyusun suatu planning dan budget secara terpadu sehingga menjadi suatu
rencana yang realistis, fleksibel dan dapat dilaksanakan secara kontinyu, harus
memperhatikan faktor sebagai berikut :
1) Produk/jasa
Radio
Evella merupakan usaha di bidang jasa penyiaran. Radio adalah Teater of mind,
yang artinya disaat kita mendengar cerita/kabar yang disampaikan di radio kita
dapat merasakan emosinya atau terbawa suasana dan bermain dengam pikiran.
Minat
masyarakat untuk mendengar Radio di Provinsi Kalteng terutama Kota Palangka
Raya masih sangat tinggi hingga kini. Walau waktu dimasa televisi swasta baru
bermunculan sekitar tahun 1990-an, Usaha dibidang jasa penyiaran ini sempat
mengalami beberapa transisi yang tidak mengenakan. Namun dengan berjalannya
waktu radio tetap memiliki tempatnya tersendiri dihati masyarakat dan memiliki
penggemar yang cukup banyak.
Radio
Evella memiliki karakteristik yang berbeda dari radio-radio lain, dengan memiliki
acara-acara yang khas dan memikat minat para fanatisme pencinta lagu-lagu
tertentu. Untuk memikat minat pendengar radio pun harus memiliki strategi lain
seperti kualitas suara yang baik, jaringan yang kuat dan mudah dicari, penyiar
yang aktraktif dan dinamis serta pemilihan waktu-waktu yang tepat.
Banyak
radio di kota Palangka Raya khususnya, memutarkan lagu-lagu yang sama dan cara
pembawaan acaranya pun tidak jauh berbeda. Disitu sebagai pengusaha jasa
penyiaran dituntuk untuk kreatif untuk mengemas acara-acara atau program-programnya.
Sebagai contoh pisang goreng. Dikupas kulitnya, dicelupkan ke terigu kemudian
di goreng jadilah pisang goreng. Namun para pengusaha harus dituntut kreatif
sehingga membuat sesuatu yang berbeda dengan membutuhkan modal tambahan dan
jadilah kreasi terbaru. Seperti pisang dikupas kulitnya, dipotong-potong kecil,
kemudian terigunya digiling dan digoreng, jadilah pisang molen. Padahal tetap
pisang goreng hanya saja menggunakan kratifitas dan modal tambahan.
Dengan
jam siaran harian biasa mulai dari jam 06.00 sampai jam 24.00. Sedangkan pada
bulan Ramadhan mulai dari jam 06.00 sampai jam 24.00, kemudian siaran kembali
pada jam 02.00 sampai jam 04.00. Dirasa Radio Evella sudah dapat menemani
masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dan hiburan.
2) Pasar
Radio
Evella merupakan radio yang menjuru kepada semua kalangan dan semua
usia.segmentasi pasrnya lebih ke kalangan menengah ke bawah. Acara-acara yang
disajiakan tersedia untuk semua jenis usia mulai dari acara yang menyajikan
lagu-lagu pop Indonesia dan barat yang lebih banyak diminati oleh anak-anak
muda. Lagu-lagu daerah dan lagu-lagu nostalgia yang banyak diminati oleh
orang-orang dewasa dari umur 25 tahun ke atas.
3) Rencana
produksi
Dalam perencanaan
produksi membutuhkan alat-alat dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan agar
terjadinya sebuah produksi:
Alat-alat Yang
Dibutuhkan:
· Tower
Radio
· Pemancar
radio
· Mixer
2 unit
· Pemancar
mini 1 unit
· Mic
Zernhaizer 2 buah
· Headphone
4 buah
· Komputer
6 unit
· Telephone
3 unit
· Modem
1 unit
· Fax
1 unit
· AC
4 unit
· Handphone
operasional 1 buah
· Kendaraan
operasioanal 2 buah mobil
· Dan
lainnya
Perlengkapan untuk
operasioanl Radio:
· Kursi
· Meja
tamu
· Sofa
· Meja
kerja
· Lemari/rak
arsip
· Dan
lain-lain
4) Financial
Faktor
ini dapat dikatakan sebagai faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap
perencanaan yang disusun manajemen yakni, modal awal. Menurut Bippy A. SE radio
adalah usaha yan murah, bahan bakunya hanya lagu dan pembicaraan penyiarnya
saja. Sehingga beliau tertarik mendirikan usaha radio. Namun bila mendirikan
radio di zaman yang serba modern seperti sekarang perkiraannya sebagai berikut
:
- Sewa
Kantor : Rp. 20.000.000
- Peralatan
Radio : Rp. 800.000.000
- Perlengkapan
: Rp. 30.000.000
- Gaji
Karyawan : Rp. 40.000.000
- Operasional
Kantor : Rp. 10.000.000
- Dana
Simpanan Selama 1 Tahun : Rp. 600.000.000
Sehingga, Modal Awalnya
Rp. 1.500.000.000
5) Marketing/pemasaran
Sebagai
media pemasaran, Radio Evella tidak perlu lagi melakukan pemasangan iklan di
koran-koran, karena Radio Evella itu sendiri sudah sangat terkenal khususnya di
kota Palangka Raya. Bahkan para calon pemasang iklan itu sendiri yang datang.
Salah satu keunggulan berlokasi di pinggir jalan adalah secara tidak langsung
menghemat biaya pemasaran atau promosi karena mudah dicari dan diketahui banyak
orang.
Namun
untuk pemasaran radio untuk perusahaan agar memasang Produknya di radi, para
sales datang langsung ke kantor pusat yang biasanya bertempat di Jakarta. Dan
iklan-iklan yang dipasang adalah iklan-iklan nasional, yang ditujukan kepada
semua orang bukan kepada satu daerah saja.
Namun
para pemasang iklan kini jeli untuk memastikan radio mana yang akan mereka
pasang iklannya. Ternyata setelah diamati, mereka mensurvei radio mana yang
lebih banyak digemari masyarakat agar sasaran penjualan produk atau jasanya
tepat sasaran. Biasanya mereka dalam mensuplai barang khusus untuk produk,
menjalankan sales-sales untuk memasarkan produknya ke toko-toko dan
warung-warung. Disitu para sales mendapat tugas tambahan untuk mensurvei radio
mana yang sering didengar oleh masyarakat. Sehingga mereka memiliki catatan
tersendiri mengenai radio-radio dari hasil survei tersebut.
2.
Organising
Manajer
atau pimpinan harus menyusun suatu struktur organisasi yang tepat, sesuai
dengan tujuan yang dikehendaki dan struktural organisasi yang tepat. Dan dibagi
sebagai berikut :
- Direktur
Utama (1 orang)
- Penanggung
Jawab Keuangan (1 orang)
- Pembukuan
(1 orang)
- Kasir/
Penagih (2 orang)
- Penanggungjawab
Iklan (1 orang)
- Sales
(1 orang)
- Penanggung
Jawab Trafic (1 orang)
- Penanggungjawab
Siaran (1 orang)
- Music
Director (1 orang)
- Penyiar
(10 Orang)
- Penanggungjawab
Teknik (2 Orang)
- Personalia
(1 Orang)
- Receptionis
(1 Orang)
- Pembantu
Umum(2 Orang)
3.
Staffing
Pimpinan
menunjuk orang yang tepat, berkualitas dengan memberi motivasi berupa imbalan
yang sesuai. Dengan klasifikasi staf yang baik salah satunya seperti:
- Semangat,
bekerja sama dan ramah.
- Punya
kemauan untuk belajar.
- Mampu
Berbahasa dengan Baik
- Kestabilan
emosi dan sopan.
- Bersifat
loyal, inisiatif, pertimbangan yang baik dan kepandaian bergaul.
- Berwawasan
luas.
- Minimal
pendidikan SLTA dan memiliki keahlian khusus (Khusus Penyiar Radio).
- Minimal
Pendidikan D3 untuk karyawan staff dan administrasi.
Tugas-tugas setiap
bagiannya :
- Direktur
Utama : Tugasnya memantau para karyawannya, memerintah dan menentukan keputusan
tertinggi di perusahaan.
- Penaggung
Jawab Keuangan : Tugasnya mengatur pemasukan dan pengeluaran Radio.
- Pembukuan
: Tugasnya membantu penanggungjawab Keuangan untuk membuat laporan keuangan.
- Kasir/Penagih
: Tugasnya menagih para rekan bisnis seperti pemasang iklan untuk membayarkan
sisa pembayarannya yang sudah jatuh tempo.
- Penanggung
Jawab iklan : Tugasnya bertanggung jawab akan pembuatan iklan dan mencari
perusahaan untuk membuat iklan.
- Sales
: Tugasnya mencari iklan dengan dating ke kantor pusatnya.
- Penanggung
Jawab Trafic : Tugasnya mengatur Trafic iklan yang akan diputar di radio.
- Penanggungjawab
Siaran : Tugasnya bertanggung jawab akan bahan siaran, acara-acara serta para
penyiarnya.
- Music
Director : Tugasnya mengatur lagu-lagu apa saja yang akan diputar, sehingga
lagu-lagu yang diputar di radio bukan sembarang lagu. Kecuali acara request.
- Penyiar
: Tugasnya membawakan acara yang isinya menyampaikan informasi dan hiburan.
Peran penyiar dalam radio sangatlah penting. Sebab berhasilnya suatu acara yang
disajikan merupakan hasil dari cara memmbawakan acara sang penyiarnya. Setiap
penyiar yang diterima di Radio Evella selalu diberi pelatihan terlebih dahulu
selama 3 bulan baru setelah itu dilepas untuk bersiaran sendiri. Penyiar pun
dapat menjadi Staf tetap, namun dengan persyaratan khusus dan gajinya diluar
dari gaji penyiar.
- Penanggungjawab
Teknik : Tugasnya mengontrol, merawat dan memperbaiki mesin-mesin serta
alat-alat radio.
- Personalia
: Tugasnya memantau semua karyawan agar menjalankan tugas sesuai dengan
bidangnya.
- Receptionis
: Tugasnya menerima tamu serta menerima pesan-pesan yang masuk.
- Pembantu
Umum : Tugasnya membantu setiap bagian yang membutuhkannya.
4.
Leading/Coordinating/Controling
Bippy
A. SE adalah pendiri sekaligus penanggung jawab Radio Evella 96.7 FM. Beliau
menyukai dunia radio dan sangat menyukai elektronik. Pada masa tersebut
radio-radio komersial mulai banyak didirikan karena mulai ada peraturan
pemerintah Nomor. 55 Tahun 1970 diharapkan yang bermain di dunia radio, yang
dimasa itu kebanyakan terdapat radio-radio amatir yang tidak berorientasi pada
bisnis dan hanya sekedar menyalurkan hobi. Maka dibuatlah peraturan untuk radio
swasta agar melengkapi administrasi seperti perijinannya Akte Notaris dan
tercantum dalam UU Penyiaran terutama pada pasal 14 ayat 10 tentang Ketentuan
mengenai lembaga penyiaran publik dan Pasal 29 ayat 2 tentang ketentuan lebih
lanjut mengenai tata cara dan persyaratan izin lembaga penyiaran.
Seorang
pimpinan dapat memperlihatkan kepemimpinannya yang mantap dan dinamis secara
tegas dan terbuka. Hubungan beliau dengan para karyawannya cukup dekat, dan
seolah-olah tidak membatasi dengan jabatannya sebagai directur utama yang sering
digambarkan orang bersikap arogan. Sehingga kelancaran suatu pekerjaan
mempermudah setiap karyawannya untuk berhubungan langsung dengannya.
Hambatan-hambatan pun jarang dirasakan, memang setiap usaha pasti ada hambatan namun
dengan lancarnya komunikasi antara bawahan dan atasan membuat hambatan tersebut
terpecahkan dengan mudah.
5.
Directing
Seorang
pemimpin harus senantiasa mengadakan pengawasan yang bersifat dinamis dan
selalu mengusahakan adanya feedback dari bawahan. Seperti mengadakan pengawasan
terhadap produksi serta mengontrol kinerja para bawahan agar menghasilkan
kinerja yang baik dan sesuai dengan tujuan usaha.
6.
Report
Reporting
atau pelaporan adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian
perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberi keterangan mengenai sagala hal
yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi,
baik secara lisan dan tulisan sehingga dalam penerimaan laporan dapat
memperoleh gambaran bagaimana pelaksanaan tugas orang yang memberi laporan.
Dalam
struktur organisasi terdapat bagian keuangan yang bertugas membuat pembukuan
pada setiap bulannya, mencatat pengeluaran radio serta pemasukan radio dari
iklan-iklan yang masuk, kemudian dilaporkan kepada Directur utama.
Gaji-gaji
karyawan di radio cukup bervariasi jumlahnya. Untuk penyiar radio kebanyakan
mereka hanya karyawan Part Time yang upah per-jamnya mulai antara Rp. 7.000 S.d
Rp. 10.000 sehingga bila mereka tidak masuk serta hari-hari libur tidak
dihitung. Sistem kerja mereka kontrak selama 3 tahun, bila dirasa cukup
berpotensi kontrak kemungkinan akan diperpanjang.
Berbeda
denga karyawan-karyawan Staff dan Administrasi, mereka bersifat karyawan tetap
gajinya diatas UMR kemudian mendapatkan tunjangan-tunjangan seperti
Transport,Makan dan Kesehatan dan gaji mereka dihitung perbulan.
Untuk
operasional kantor cukup besar jumlahnya. Untuk pembayaran listriknya saja Rp.
8.000.000 belum lagi ditambah untuk membayar telepon, internet, kendaraan
operasional, perawatan mesin dan lain-lain. Sehingga bila diperkirakan
jumlahnya mengenai sekitar Rp. 10.000.000.
Dan
setelah diperhitungkan total target pamasukan per-bulannya harus mencapai
sekitar Rp. 55.000.000. Menurut Bippy A. SE Dirut Radio Evella 96.7 FM, mereka
tidak jarang harus nombok untuk membayar gaji karyawan dan produksinya.
Terutama pada bulan-bulan desember sampai sekitar bulan april, merupakan bulan-bulan
sedikitnya pemasukan dan ini selalu terjadi setiap tahunnya. Ini dikarenakan
pada bulan desember banyak perusahaan yang sedang sibuk mengurus keuangannya
untuk tutup buku tahunan. Dan pada bulan-bulan januari sampai april disebabkan
banyak perusahaan yang baru membuat rencana kerja sehingga untuk memasang iklan
jadi terhambat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar